PERSATUAN IBU-IBU PENGANTAR ANAK TK

Sudah menjadi hal umum, pada saat anak-anak masuk di taman kanak-kanak maka ibunya akan ikut mengantar dan menunggu hingga pulang. Sehingga di mana ada Taman Kanak-Kanak maka disitu pasti ramai oleh ibu-ibu, baik ibunya anak-anak maupun ibu yang dibayar untuk menjaga anak-anak tersebut.
 
Para ibu tersebut biasanya berkumpul dan mengahbiskan waktunya dengan mengobrol untuk menunggu jam istirahat dan jam pulang anaknya. Aktifitas santai dan kurang efektif tersebut hampir dilakukan setiap ibu dan tiap hari. Bahkan tidak jarang saking asyiknya ngobrol sampai mengganggu jalannya pembelajaran di dalam kelas.

  
  
Adanya waktu lenggang yang sama diantara para ibu tersebut sebenarnya memberikan peluang untuk melakukan hal-hal positif. Yang paling kongkret dan efektif adalah membuat komunitas atau persatuan ibu-ibu sesama pengantar anak.

Persatuan tersebut kemudian diisi dengan program-program yang bernafaat tapi tetap rileks. Seperti sharing tentang topik tertentu, masalah keluarga, kesehatan, pendidikan anak atau usaha rumahan. Sesekali membuat program bersih-bersih sekolah, atau juga membuat ketrampilan tertentu secara bersama-sama. Persatuan tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk arisan para ibu-ibu. Selain itu masih banyak variasi program lain yang bisa diaplikasikan tatkala persatuan tersebut terwujud.

Upaya tersebut diharapkan bisa memberi nilai plus bagi sesama ibu-ibu pengantar. Para ibu akan mendapat pengetahuan dan wawasan baru dari anggota persatuan yang lain. Daripada hanya ngobrol tidak terarah, menggosip sana sini, tentu jauh lebih bermanfaat bila membentuk persatuan ibu-ibu pengantar semacam ini.



 Dikirim untuk kolom gagasan Jawa Pos dan tidak dimuat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »