PENGEN NABUNG UNTUNG, YA NABUNG PROPERTI ..

Budaya hidup hemat dengan menabung merupakan budaya yang selalu diajarkan oleh para orang tua kita. Dahulu saat kemajuan teknologi belum terlalu menjamah banyak lokasi, para orang tua membelikan ‘celengan’ pada anak-anaknya untuk sebagai latihan hidup hemat. Para orang tua memberi uang jajan lebih pada anak untuk disisakan tabungan. Para guru pun juga menanamkan pepatah ‘hemat pangkal kaya’ agar siswanya tidak sembrono dalam membelanjakan uang jajan miliknya.

Seiring berkembangnya tekonologi, tradisi itu kemudian berkembang lagi. Menabung di celengan memiliki kelemahan bila menabung uang kertas maka akan mudah membusuk. Para orang tua melatih anaknya untuk menabung tapi dengan membuka rekening di bank. Banyak sekali bank-bank yang membuka buku tabungan khusus anak-anak. Sehingga setiap gajian biasanya orang tua memberikan uang jajan anak untuk kemudian diajak bersama pergi ke bank untuk menabungkan uang tadi. Begitulah tradisi hidup hemat ini bergulir.

Agaknya tradisi menabung tersebut perlu ada pengembangan lagi. Bagaimana tidak, ternyata apa yang dilakukan dengan menabung di rekening bank tersebut juga memiliki sejumlah kelemahan mendasar. Sebagaimana dijelaskan oleh komisioner Prioritas Land Indonesia (PLI) yang dirilis actual.co, “Ada faktor yang dapat membuat nilai tabungan menjadi susut nilainya yaitu inflasi"

Ia mencontohkan bila seseorang menabung dengan Rp100 juta sekarang dengan tingkat inflasi 8 persen seperti tahun 2013, maka nilai uang yang ditabung tersebut dalam lima tahun menyusut sebesar 45 persen atau tinggal Rp55 juta.

Maka untuk mengatasi hal itu, kemudian muncullah ide mulia dari salah satu perusahaan pengembang, Prioritas Land Indonesia (PLI). mengajak masyarakat untuk fokus berinvestasi di sektor properti dengan "Gerakan Menabung Properti" yang dinilai menguntungkan meski setiap tahun terjadi inflasi.

"Gerakan Menabung Properti digagas PT PLI untuk mengedukasi masyarakat tentang bagaimana cara menyimpan dana yang cerdas dan bijak agar nilai tabungannya tidak berkurang, namun bertambah meski terjadi inflasi," Victor menambahkan

Apa Keuntungannya??
Di dunia ini tidak ada harga yang turun kecuali hal-hal yang terkait dengan kondisi makro perekonomian. Tapi bisa dipastikan 99% bahwa harga tanah pasti meningkat. PBBnya saja meningkat hampir tiap tahun. Secara hitungan kasar saja, jika anda beli tanah terus dijual 1 tahun ke depan. Pasti untung! Itu hebatnya bisnis properti.

Bisnis properti juga hanya membutuhkan manajemen yang sederhana. Dalam developer misalnya, cukup bagian keuangan dan bagian legal. Dua bagian ini pokok dan vital bagi developer. Lha perencanaan, pemasaran dan konstruksi? Tidak harus diperlukan. Tidak harus ada. Karena konstruksi bisa kita serahkan ke Kontraktor. Pemasaran bisa kita percayakan kepada Agent Marketing. Perencanaan bisa kita undang konsultan. Hasilnya lebih lengkap, lebih pasti, biaya bersifat variable. Semakin sederhana manajemen yang ada, akan semakin menguntungkan dari sisi finansial dan pengelolaan.

Salah satu meningkatkan pendapatan dalam properti adalah mengemas properti sebagai bagian dari investasi yang menguntungkan. Kemas dengan cara yang sama tentang harga tanah. Sajikan dalam bentuk perhitungan kredit pemilikan rumah (KPR) dan bandingkan dengan ekspektasi harga di masa mendatang.

Pada tahap awal, perbankan tidak akan mungkin melirik usaha anda. Atau jika usaha anda sudah cukup dikenal, tentunya anda akan mudah mendapatkan kredit konstruksi, salah satu alternatif pembiayaan developer. Perlu anda ketahui, developer (baru) tidak mudah mendapatkan kredit investasi, tapi kredit modal kerja konstruksi. Sekarang bagaimana jika bank belum mau melirik usaha anda. Gunakan fasilitas KPR! Bagaimana caranya? Jadikan saudara, rekan kerja sebagai konsumen properti anda. Pembiayaan melalui KPR. Pencairan KPR akan anda terima. Kewajiban pengembalian KPR menjadi tanggung jawab usaha anda. Simple bukan. Anda sudah dipastikan mendapat kredit investasi.

Alasan ketiga ini jelas-jelas akan sulit untuk ditolak. Dengan properti kita bisa mengenerate cash flow yang besar. Prinsipnya percepat uang masuk, perlambat uang keluar. Eit jangan melulu jual cash… Gunakan instrumen KPR.

KPR saat ini memungkinkan KPR indent dimana konsumen dapat diikat dalam akad kredit meskipun bangunan belum selesai dibangun. Dan anda akan menerima pencairan awal sebesar 40%. Jika uang muka sebesar 20%, berarti anda menerima uang muka 60%. Ingat negosiasi pembayaran? Jangan-jangan modal anda sudah kembali?

Padahal untuk membangun rumah, mungkin anda hanya akan mengeluarkan sekitar 40%. Dan mengeluarkan sekitar 10% lagi untuk pematangan lahan, prasarana dan sarana. Sisa 10%nya? Bisa untuk membayar tanah. Pada bulan ke 4 dengan asumsi pembangunan selesai, maka anda akan menerima 60%. Pertanyaannya adalah bagaimana dengan 4 bulan masa pembangunan? Yang penting jaga target penjualan.

Terus Nabungnya Dimana?
Iwan Purnama, Direktur Marketing PLI mengatakan, ”Gading Serpong sekarang menjadi daerah yang memberikan prospek keuntungan yang luar biasa kepada para investor. Kenaikan harga properti di sana melompat sungguh luar biasa bisa mencapai 300 persen dalam 5 tahun terakhir. Gading Serpong saat ini sudah mencapai Rp 17 juta-20 juta per meter persegi. Namun untuk proyek K2 Park, PLI menawarkan harga perdana hanya Rp 11 juta. Dan cukup menabungkan uang sebesar Rp 6 juta per bulan, maka uang akan aman dari inflasi. Selain itu, dengan membeli apartemen K2 Park, konsumen juga diberi kesempatan untuk memiliki sebuah rumah secara gratis.”  

Dalam memilih alternatif tabungan propertif, ada satu hal yang penting kita pertimbangan yaitu soal lokasi. Majestic Point Serpong memiliki keunggulan lokasi yang sangat pas dan jarang dijumpai di apartement manapun. Majestic Point Serpong berada tepat di segitiga emas Karawaci, Serpong dan BSD City yaitu 3 kawasan kota mandiri yang berkembang sangat pesat, baik secara infrastruktrur, berbagai fasilitas publik yang berkualitas seperti sekolah-sekolah dan kampus-kampus keren. Dekat dengan UPH dan Untar dengan jarak tempuh sekitar 100 m dari Majestic Point Serpong.
 
Majestic Point Serpong mendukung konsep educenter yang menyajikan beragam fasilitas komplit. Tabungan properti yang kita beli tentunya akan terus merangkak naik, pasalnya konsumen tentu membutuhkan apatemen yang serba lengkap. Coba bayangkan bila kita beli sekarang, berapa rupiah yang akan kita raup setelah 3 tahun pembelian. 

Skema pembayaran Majestic Point Serpong memberikan keleluasaan bagi kita untuk membeli secara cash atau installment. Kalau hitung-hitungan enaknya sih langusng cash dan langsung kita sewakan dengan terlebih dahulu di-custome ala kita. Tentu biaya sewa yang kita dapatkan akan lebih tinggi. Sekali lagi, sudah gak jaman nabung di Bank, yuk nabung properti di Majestic Point Serpong. Pembelian super blok Majestic Point Serpong dihargai 14 juta per meter pada bulan Juni 2013 dan 16 juta per meter pada bulan Desember 2013. Proyeksi kenaikan properti ini pada tahun 2015 adalah sekitar 17 juta per meter, itu artinya kita akan menikmati keuntungan 42% dalam jangka waktu 2-3 tahun. Ayo, bandingin antara nabung di Bank dengan nabung property di Majestic Point Serpong
 
Yang ini juga bisa jadi target tabungan kita. Apartement ini terletak di daerah yang sangat strategis, dilalui jalan tol Jakarta-Cikampek, dengan 4 gerbang tol akses ke kota bekasi, yaitu pondok gede barat, pondok gede timur, bekasi barat, bekasi timur serta jalan tol lingkar luar Jakarta diantaranya Jatiwarna, Jatiasih, Kalimalang dan Bintara. 10 menit dari Exit Tol (1,7 km) serta 5 menit dari pusat perbelanjaan (maal metropolitan, Bekasi Square, Mega Bekasi dan Lotter Mart), dikelilingi perumahan padat penduduk yaitu Kemang Pratama, Grand Galaxy dan Summarecon Bekasi.  Indigo Bekasi apartment didesain oleh arsitek ternama. Megatika Internasional berdiri sejak 1992, sudah mendesign puluhan High Rise apartment, hotel, office, dan multiuse development. Indigo Bekasi terdiri dari 4 Tower Residential Complex. Proyeksi pengembalian Indigo Bekasi gila-gilaan. Hingga 2017 yang akan datang akan naik hingga 70%. 

Ada lagi, Majestic Water Village. Sebuah konsep hunian yang dikelilingi oleh aliran air buatan yang disisipkan pada pola fengshui cina yang artinya keberkahan, keindahan. Majestic Water Village berada di beranda pantai Uluwatu yang terkenal dengan ombaknya yang pas untuk surfing. Struktur hunian Majestic Water Village terdiri dari bagian resepsionis, lobby lounge, restoran, kolam renang, kolam refleksi, lapangan pernikahan terbuka yang super indah, area spa, dan seluruhnya tepat berada diatas kampung air yang didesain secara modern. Saya yakin, membeli hunian ini akan memberikan ketenangan yang paripurna apalagi bagi masyarakat kota yang sudah lelah dengan kebisingan dan hiruk pikuk kota.

Interior kamar Majestic Water Village menghadap ke pantai uluwatu yang dikelilingi oleh full kaca yang bisa digerakan secara motorik, mantap. Tiduran disini akan selalu merasakan gemericik air yang terus menerus pasalnya konsep kampung air sangat berdekatan dengan tempat tinggal.

Jadi?
Bagi anda yang masih menabung uang di rekening bank segerah beralih deh. Menabung properti jauh lebih menguntungkan dan berprospek kawan. So, mari segera buktikan di Prioritas Land Indonesia. Salam sukses!

Sumber:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »